Selasa, 19 Oktober 2010

Penutupan Gelar Prestasi Siswa Madrasah Aliyah tingkat Provinsi Kaltim 2010

Samarinda
Balikpapan Juara Umum GPSMA

Minggu, 17 Oktober 2010 | 21:40 WITA

SAMARINDA – Balikpapan akhirnya ditetapkan menjadi juara umum dalam Gelar Prestasi Siswa Madrasah Tingkat Madrasah Aliyah (GPSMA) 2010 Kaltim, 14-16 Oktober di MAN 2 Samarinda. Dua wakil asal Balikpapan yakni Nur Istiqomah dan Umi Hanik berhasil meraih medali emas dalam lomba Pidato Bahasa Arab dan Fahmil Quran.

Sedangkan Samarinda yang awalnya dua kali berturut-turut menjadi juara umum, harus puas di urutan kedua dengan perolehan 1 emas (Bahasa Inggris), 1 perak (Fahmil Quran) dan 2 perunggu (Pidato Bahasa Arab dan Bulutangkis. Di urutan ketiga, wakil Kutai Kertanegara menyumbangkan 1 emas dan 1 perunggu untuk Bulutangkis dan Fahmil Quran
Misbakhus Sururi, Sekretaris GPSMA menuturkan, pelaksanaan GPSMA berjalan cukup lancar dan tak mengalami kendala berarti. Walaupun Samarinda gagal mengukuhkan diri sebagai juara umum untuk ketiga kalinya, karena kali ini predikat tersebut diraih wakil Balikpapan namun secara kesuluruhan tidak mengurangi kemeriahan acara.

"Acara berjalan lancar. Selanjutnya, kami berharap agar dalam pelaksanaan di tahun berikutnya bisa menyertakan murid MI, Mts dan MA, sehingga bisa jauh lebih meriah, sekaligus agar ada kaderisasi," kata Misbakhus yang juga didampingi Khoirul Anam, Wakil Ketua GPSMA, Sabtu (16/10).

Selama tiga tahun berturut-turut, MAN 2 selalu didaulat menjadi tuan rumah. Pihak MAN 2 berharap agar juara umum GPSMA tahun ini bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan tahun depan.
Usai GPSMA propinsi, para pemenang akan menyiapkan diri menghadapi GPSMA tingkat nasional di Kalsel, tahun depan. Sayangnya, hanya juara Fahmil Al Quran yang akan berlaga di tingkat nasional., sedangkan tiga kategori lainnya harus puas hanya sampai seleksi tingkat nasional.

"Di tingkat nasional, ada 7 kategori yang dipertandingkan diantaranya Fahmil Quran, Cipta Puisi Kandungan Al Quran, Kaligrafi, Atletik, Tenis Meja dan Catur," imbuh Khoirul.

Kota Samarinda mengirimkan empat wakilnya dan tiga diantaranya merupakan murid MAN 2, yakni untuk kategori Fahmil Quran, Bulutangkis dan Bahasa Inggris. Meskipun belum meraih target yang ditetapkan, namun MAN 2 cukup puas karena menyumbangkan 1 emas untuk Bahasa Inggris, 1 Perak untuk Fahmil Quran dan 1 Perunggu untuk kategori Bulutangkis.

"Kami cukup bangga karena bisa memberikan yang terbaik, lagipula kami tak bisa selalu menjadi juara umum. Kami pun bangga karena juri yang menilai benar-benar fair, dan berasal dari pihak luar," ujar Akhmad Hamidi, Ketua Panitia GPSMA.

Melalui kegiatan ini, diharapkan murid MA mampu mengembangkan potensi dan kreativitas mereka, sekaligus menelusuri minat dan bakat murid untuk mengaktualisasikan diri mereka. "Kami juga berharap kegiatan ini mampu membangun citra madrasah sebagai basis pengembangan rohani, jasmani, keterampilan dan intelektualitas," kata Akhmad. (may)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar