Rabu, 29 September 2010

AKHLAK MULIA


Beraklak mulia adalah amal kebajikan yang sangat besar pahalanya, sehingga Islam menganjurkan kepada pemeluknya agar selalu bertingkah laku akhlak karimah. Sedangkan yang dinamakan perbuatan dosa adalah perbuatan yang tecela, di benci oleh Allah dan merasa malu apabila perbuatan itu diketahui orang lain. Karena itu, hindarilah oleh setiap muslim. Apalagi masa masa muda adalah masa yang labil yang mudah dipengaruhi oleh banyak faktor baik itu positif ataupun negatif. Perbanyaklah ibadah dan beriman terus kepada ALLAH dimanapun. Kadar keimanan dapat ditolak ukur dari akhlaknya. bUkankah Allah telah menegaskan, bahwa dalam diri Rasulullah saw terdapat teladan yang baik dan budi pekerti yang agung.
Seperti firman Allah swt qs Al Qalam : 4
Artinya : dan sesungguhnya kamu (Muhammad) adalah benar benar memiliki budi pekerti yang agung
Bisa kita lihat diberbagai media baik media cetak maupun media elektronik juga dalam kehidupan sehari hari ini, tingkah laku dan akhlak seseorang sangat tidak terpuji, dan ini sangat disayangkan oleh kita yang merasa satu generasi. Sehingga banyak perempuan yang hamil diluar nikah, balapan motor, bolos sekolah, jadi candu narkoba dan masih banyak lagi. Karena perbuatan buruk itu, generasi kita tecoreng oleh tingkah segelintir dari generasi yang tidak bertanggung jawab. Kita sebagai generasi ini yang masih diberi kesadaran untuk saling mengigatkan akan bahaya bahaya pergaulan dan membangun generasi yang berakhlak mulia.
Ada 3 hal yang dipesankan Rasulullah sebagai pegangan yang kuat dalam menghadapi generasi modern:
1.         Bertaqwalah kepada Allah dimanapun kita berada
2.         Ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya akan menghapus keburukan yang tterlanjur dilakukan
3.         Pergaulilah manusi dengan akhlak mulia

Ketika pergaulan kita sudah tidak memperhatikan  lagi nilai etika, kemudian tampil bergaul dengan akhlak mulia maka akan menjadi teladan yang baik, sebab berakhlak mulia merupakan amal kebajikan yang paling berat timbangannya pada hari kiamat nanti.
Dari Abu Darda ra, bahwa Nabi saw telah brsabda : tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam  timbangan amal seorang mukmin pada hari kiamat daripada pekerti yang baik. Dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang keji lagi buruk perkataannya. (HR. Tirmidzi)
Bertaqwa kepada Allah dan berakhlak mulia merupakan dua perkara yang mengantar dir kita memeroleh derajat yang tinggi. Allah senantiasa memberikan jaminan kemuliaan didunia dan akhirat kepada orang yang memliki akhlak mulia.
Semoga kita memiliki akhlak mulia dan menyadari bahwa hidup yang sekali ini harus dimanfaatkan secara baik dan hars punya pegangan dalam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar